Tjong A Fie Mansion

Seorang pekerja membuka jendela rumah peninggalan Tjong A Fie -seorang pengusaha besar dan kapitan asal Guangdong, China yang menurut sejumlah literatur disebut dekat dengan banyak kalangan termasuk pemuka masyarakat pribumi maupun penguasa Belanda pada era kolonial di Medan, Sumatera Utara, 11/5, 2010. Saat ini rumah peninggalan yang dibangun pada tahun 1895 dan sekarang diperkenalkan dengan Tjong A Fie Mansion tersebut dibuka untuk umum dengan tiket masuk Rp. 35.000, - per orang. (Binsar Bakkara)

Seorang pekerja membuka jendela rumah peninggalan Tjong A Fie -seorang pengusaha besar dan kapitan kelahiran Guangdong, China yang menurut sejumlah literatur disebut dekat dengan banyak kalangan termasuk pemuka masyarakat pribumi maupun penguasa Belanda pada era kolonial di Medan, Sumatera Utara, 11/5, 2010. Saat ini rumah peninggalan yang dibangun pada tahun 1895  dan sekarang diperkenalkan dengan Tjong A Fie Mansion tersebut dibuka untuk umum dengan tiket masuk Rp. 35.000, – per orang. (Binsar Bakkara)

One thought on “Tjong A Fie Mansion

  1. mengapa memilih kata pribumi untuk menjelaskan istilah bagi masyarakat asli kisaran Tanah Deli saat Tjong Afie masih eksis ketika itu ya? bukankah kata itu bagian dari terminologi kolonialisme. hingga detik ini pun sebagian kita masih suka mengadopsi kata yang berciri “keterbelakangan mental”, maap maksud saya dengan perilaku penjajahan ini. soalnya saya memang agak sensitif dengan nuansa seperti itu, even it just caption for a picture, but it is indicate about the perspective of how we see the world. namun kiranya mungkin ada gunanya. bila tidak berkenan, mohonlah saya diberi maap, karena bukan maksud menggurui namun bermaksud menyampaikan pandangan dari sisi yang berbeda. ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>